Cara Efektif Mendidik Anak Pada Usia 2 Tahun

Camera 360

Usia 2 Tahun

Cara mendidik anak usia 2 tahun tentu saja sedikit berbeda dengan cara mendidik anak dengan usia di atasnya. Hal ini dikarenakan pada saat si anak masih dalam usia 1 – 2 tahun, dia masih dalam masa perkembangan yang sangat pesat dalam berbagai hal. Sejak lahir ke dunia, seorang bayi akan menunjukkan perubahan yang perlahan namun pasti setiap harinya. Dan pada saat ia mulai menginjak usia 2 tahun, perubahan-perubahan besar mulai terjadi pada si anak. Selain bisa dilihat dari perubahan fisiknya yang mungkin bertambah berat dan bertambah tinggi, si anak juga pasti akan menunjukkan perubahan sikap yang cukup signifikan. Dan tak bisa dipungkiri bahwa pada saat anak memasuki usia 2 tahun, dia akan sangat banyak menerima dan menyerap informasi dari luar dan dari siapapun yang nantinya di kemudian hari akan menjadi fondasi hidupnya. Maka dari itu sebagai orang tua, usahakanlah untuk bisa menggunakan cara mendidik anak usia 2 tahun yang tepat supaya putra ataupun putri Anda bisa berkembang dengan baik dan tentunya menjadi anak yang cerdas dan juga tumbuh menjadi pribadi yang positif.

Perkembangan Anak Pada Usia 2 Tahun

Ketika anak sudah mulai menginjak usia 2 tahun, tak bisa dipungkiri ia mulai ingin mencari tahu tentang segala hal yang ada di sekitarnya. Pada usia ini Anda sebagai orang tua atau orang-orang yang ada di sekitarnya pun akan mulai kerepotan mendidiknya. Pasalnya semua fungi inderanya sudah mulai bekerja dengan baik. Pada saat usia ini si anak sudah mulai hapal dan mengenali siapa saja orang-orang yang ada di sekitarnya, terutama ayah dan ibunya dan juga keluarganya, baik kakak, nenek, kakek, dan sebagainya. Maka dari itu tak jarang jika anak berusia 2 tahun akan merengek ketika dia digendong atau pertama kali berinteraksi dengan orang yang wajahnya sangat asing untuknya. Untuk mengetahi bagaimana cara mendidik anak usia 2 tahun, Anda tidak perlu terlalu banyak membaca buku yang berisi teori-teori cara mendidik anak, karena untuk mendidik seorang anak bukan hanya dibutuhkan teori, tetapi juga harus dipraktikkan.

Sebagai orang tua, Anda memiliki peranan yang sangat penting bagi tumbuh kembang buah hati Anda. Bisa dibilang bagaimana karakter anak terbentuk saat ia tumbuh besar nanti adalah sesuai dengan benih yang disemai oleh Anda sebagai orang tua. Jika Anda memberikan kaih sayang yang cukup dan Anda juga menggunakan cara mendidik anak usia 2 tahun yang benar dan tepat, maka anak Anda nantinya kemungkinan bisa menjadi pribadi yang positif dan cerdas. Akan tetapi hal sebaliknya tentu akan terjadi jika sebagai orang tua Anda justru sangat sering mencontohkan atau memperlihatkan hal-hal yang seharusnya tidak dilihat oleh anak berusia 2 tahun.

Tips Jitu Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun

Untuk mendidik seorang anak kecil ada banyak hal dan faktor yang harus Anda ketahui dan harus Anda miliki di dalam diri Anda. Inilah yang membuat para ahli mengungkapkan bahwa pendidikan yang ditanamkan pada saat kecil sangatlah penting karena akan menjadi pondasi bagi si anak yang kemudian menjadi tumpuannya saat ia mulai tumbuh besar. Ada banyak cara yang mungkin bisa Anda coba dan bisa Anda praktikkan dalam mendidik buah hati Anda yang saat ini mungkin masih menginjak usia 2 tahun.

  1. Meluangkan Waktu

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebagai orang tua adalah berusaha meluangkan sedikit waktu Anda untuk si anak supaya ia paling tidak memiliki waktu bermain dengan orang tuanya. Sebagai orang tua, tentu aja bukan hal yang salah jika Anda memiliki kesibukan tersendiri. Tidak ada yang menyalahkan orang tua harus sibuk dengan pekerjaannya, harus sibuk di luar rumah dan cukup kurang memiliki waktu di rumah bersama buah hatinya. Akan tetapi demi melakukan cara mendidik anak usia 2 tahun yang benar, Anda harus mengerti sepenuhnya tentang tanggungjawab Anda sebagai orang tua yang juga harus menguru anak Anda. Luangkanlah waktu Anda untuk sekadar ngobrol atau bermain bersama anak Anda. Meskipun sudah menjadi kewajiban sebagai orang tua yang harus menafkahi anak dan keluarga dengan cara sibuk bekerja, akan tetapi sebaiknya Anda menyeimbangkan antara menyayangi pekerjaan Anda dan juga menyayangi buah hati Anda.

  1. Mengajarkan Kebiasaan Baik

Usia 2 tahun adalah usia di mana si anak sangat mudah menerima, menyerap dan juga menirukan informasi yang didapatkannya dari orang lain termauk orang tua. Nah, cara mendidik anak yang baik adalah dengan mengajarkannya atau mencontohkannya kebiasaan-kebiasaan baik mulai dari hal-hal yang terkecil. Tak bia dipungkiri bahwa anak usia 2 tahun memang masih cukup sulit untuk dipahami apalagi diajari tentang suatu hal. Maka dari itu, ajaklah berkomunikai dan sedikit demi sedikit ajarkan dia untuk bisa melakukan berbagai hal positif yang berguna bagi orang lain. Cara mendidik anak usia 2 tahun adalah dengan memperkenalkan si anak perbedaan antara hal yang baik dan hal yang buruk. Contohnya sangat sederhana, contohkan dia untuk membelai dan memberikan kasih sayang ketimbang membiarkan anak Anda melihat Anda memukul seseorang atau melihat orang lain memukul orang yang lainnya.

  1. Biarkan Anak Berekspresi

Sebagi cara mendidik anak usia 2 tahun selanjutnya, Anda juga tidak boleh terlalu mengekang anak Anda untuk melakukan suatu hal. Melakukan ini tidak boleh, itu tidak boleh, ini berbahaya, itu pun berbahaya. Mungkin menurut Anda memang seperti itu, tetapi Anda sendiri mungkin tidak pernah bisa memahami apa yang diraakan dan dipikirkan oleh anak Anda. Nah, sebagai cara mendidik anak yang baik, biarkan saja si anak melakukan segala hal yang disukainya. Akan tetapi dengan catatan bahwa kegiatan atau hal yang dilaukan oleh si anak tetap dalam pengawasan Anda. Mialnya anak Anda memegang sebuah krayon atau pensil warna. Berikan dia kertas dan biarkan dia membaut coretan-coretan di kertas tersebut ketimbang dia nantinya akan mencoret-coret di dinding. Sebaiknya Anda juga biarkan dia mulai bermain dengan teman sebayanya agar dia bisa lebih mengekspresikan dirinya dan keinginannya.

Menurut Anda sendiri, apakah selama ini diri Anda sudah menjadi orang tua yang baik untuk anak Anda? Nah, dengan artikel cara mendidik anak usia 2 tahun ini kami harapkan Anda bisa instrospeksi diri tentang apa aja yang alah dari cara Anda mendidik buah hati Anda selama ini. Mungkin ikap anak yang nakal, pemalas, dan sebagainya adalah karena dipengaruhi oleh diri Anda sendiri. Maka dari itu mulai saat ini, cobalah untuk menjadi orang tua yang baik dengan melakukan beberapa tips yang kami berikan tadi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s