Hamil, Janin dan Maag

Penyakit lambung, rentan menyerang ibu hamil. Karena, di trimeseter pertama kehamilan, calon ibu cenderung tidak nafsu makan, karena mual dan muntah akibat pengaruh hormon chorionic gonadotropin, juga hormon progesterone yang meningkatkan asam lambung. Jangan mengabaikan maag karena bisa menyebabkan lambung luka yang jika semakin parah dapat membuat lambung berdarah, bahkan berlubang.

Kehamilan Minggu ke-8.
Ibu: Rasa mual dan muntah masih terjadi, umumnya di pagi hari (morning sickness), namun ada juga yang siang, malam bahkan sepanjang hari. Kadang disertai menurunnya nafsu makan, namun jangan sampai perut kosong karena maag bisa kambuh. Biasakan makan sedikit tapi sering, hindari makanan berlemak karena menambah mual. Jika banyak muntah, konsultasi ke dokter agar tidak dehidrasi atau kurang nutrisi.
Janin: Lipatan kelopak mata, ujung hidung, telinga dalam dan luar terbentuk. Panjang dari puncak kepala sampai bokong sekitar 20 milimeter.

Kehamilan Minggu ke-9.
Ibu: Masih mual dan muntah. Sibukkan diri untuk mengalihkannya. Makan dan banyak minum untuk mengganti cairan tubuh yang keluar. Jika bekerja, siapkansnack misalnya biskuit di meja kerja.
Janin: Panjang janin 4,4-6 cm, berat sekitar 8 gram. Kepala hampir setengah panjang janin secara keseluruhan, dagu muncul, leher memanjang, kuku jari tumbuh, kelamin luar memperlihatkan bentuk berbeda, meski baru akan sempurna bentuknya, sekitar 3 minggu kemudian.

Kehamilan Minggu ke-10
Ibu: Mulai nyama, morning sickness sedah reda. Tetap biasakan makan sedikit tapi sering. Perubahan tubuh belum kentara, tapi payudara membesar, nyeri dan berdenyut karena menyiapkan “pabrik” ASI.
Janin: Panjang 6,1 cm, berat 8-14 gram. Hidung, telinga, mata, mulut mulai tampak. Detak jantung terdengar dengan alat Doppler. System rangka membentuk tulang-belulang. Tubuh ditumbuhi rambut halus. Ususu kecil mulai berkontraksi sehingga dapat mendorong keluar makanan daro tubuhnya.

Kehamilan Minggu ke-11
Ibu: Karena sudah lebih nyaman, nafsu makan kembali. Strechmark bermunculan dalam variasi berbeda, bisa di perut, dada, panggul, paha atau bokong. Cegah dengan banyak minum air dan makan buah.
Janin: Panjang 6,5 – 7,8 cm, berat 13-20 gram. Perubahan paling menarik, pertumbuhan kepala melambat dibanding pertumbuhan badannya. Besar kepala kira-kira setengah panjang janin keseluruhan, wajah sudha mirip manusia.

Kehamilan Minggu ke-12
Ibu: Akhir trimester pertama, mual dan muntah hilang. Trimeseter pertama merupakan periode kritis, karena semua organ dan anggota tubuh bayi membentuk. Kehamilan harus disikapi bijak, antara lain dengan mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang. Perbanyak mengonsumsi asam folat untuk mencegah kelainan tulang belakang dan membantu pertumbuhan otak. Namun, perhatikan juga zat gizi lain, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.
Janin: Panjang janin di akhir trimester pertama ini 8-9,3 cm, berat sekitar 25 gram. Bentuk makin mirip manusia dengan telinga di posisi normal, yaitu di kepala, bukan di dekat leher lagi. mata telah pindah dari sisi kepala ke bagian tengah muka. Leher memanjang dan dagu bukan lagi bagian dari dada. Perbedaan genital kian jelas, jenis kelamin mudah dideteksi.

Kehamilan Minggu ke-24
Ibu: Di trimester kedua gejala maag bisa berupa heartburn (panas di dada) yang parah. Terjadi akibat makanan di lambung terdesak ke kerongkongan akibat rahim membesar. Ini menyebabkan timbulnya iritasi dinding kerongkongan karena makanan sudah bercampur asam lambung yang asam.
Janin: Wajah dan tubuh mirip bayi saat lahir. Berat sekiar 435 gram.

Kehamilan Minggu ke-26
Ibu: Masih heartburn? Atasi dengan menghindari kenyang berlebihan karena bisa memperbruk panas di perut. Minum susu setiap serangan, juga hindari makanan pedas, asam, atau bersantan.
Janin: Makin berat (sekitar 850 gram). Panjang puncak kepala ke bokong kira-kira 23 cm.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s