Ribuan Pelamar CPNS di Propinsi Jambi Tidak Lulus

JAMBI – Menurut harian surat kabar Jambi Independent edisi 12 Desember 2008 ada ribuan pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) daerah 2008 di Provinsi Jambi dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi. Penyebabnya beragam, di antaranya pendidikan tidak sesuai formasi, salah kirim, faktor usia yang sudah lewat, dan bahan yang tidak lengkap.

Di lingkup Pemprov Jambi, dari 3.026 berkas yang masuk, 513 pelamar dinyatakan tidak lulus. Sedangkan di Pemkot Jambi, dari 11.032 pelamar, 2.850 tidak lulus; Muarojambi 5.218 pelamar, 1.518 tidak lulus; dan Merangin 5.536 pelamar, 1.366 tidak lulus.
Lalu, di Pemkab Batanghari tercatat 3.768 pelamar dengan 690 tidak lulus; Tebo 5.644 pelamar, 1.850 tidak lulus; serta Pemkab Bungo, dari 3.805 pelamar, tidak lulus sebanyak 1.235 orang. Total pelamar CPNS daerah Provinsi Jambi tahun ini mencapai kisaran angka 50.000 orang.

Secara resmi Pemprov akan mengumumkan hasil seleksi administrasi di kantor Satpol PP Provinsi Jambi di Telanaipura, Kota Jambi, hari ini (12/12) mulai pukul 07.30.

“Kalau ada yang mau bertanya karena tak lulus, silakan datang ke Biro Urusan Kepegawaian (Setda Provinsi Jambi),” ujar Karo Urusan Kepegawaian Setda Provinsi Jambi Husnaini kemarin (11/12).

Rata-rata penyebab ketidaklulusan pelamar adalah pendidikan tidak sesuai formasi tersedia. Apalagi Pemprov Jambi hanya menerima tiga formasi, yakni tenaga kesehatan 70, tenaga teknis 48, dan pelatih atau atlet 9 orang.

Husnaini menjelaskan, khusus penerimaan tenaga atlet atau pelatih olahraga, pelamar yang masuk sebanyak 54 orang. Tetapi tidak semua pelamar memenuhi persyaratan. Apalagi untuk formasi itu ditetapkan kriteria khusus, yakni pelamar minimal meraih medali perunggu pada olimpiade, medali perak pada Sea Games, dan medali emas pada PON. “Itu kan syarat minimal,” bebernya.
Usai pengumuman, pelamar yang lulus administrasi bisa melanjutkan pengambilan nomor tes tertulis di sekretariat panitia seleksi CPNS masing-masing, 15-17 Desember 2008. Yang perlu diingat, pengambilan nomor tes tidak dipungut bayaran.
Tes akan digelar pada 21 Desember 2008. Untuk Pemprov Jambi, tes dilaksanakan di gedung GOR Kotabaru, gedung Diklat Kotabaru, dan gedung Poltekes Kotabaru.

Terkait rencana pelaksanaan tes tertulis CPNS tahun 2008 yang sebentar lagi digelar, Pemprov Jambi mengaku memercayakan pengamanan soal kepada Satpol PP, tidak menggunakan aparat kepolisian.

Dikatakan, soal tiba di sekretariat panitia pada H-1 tes. Saat itu pihaknya baru akan mengerahkan tenaga Satpol PP untuk mengamankan soal. Cukup kuatkah keamanan yang diterapkan Pemprov? “Ya, cukuplah,” ujar Husnaini singkat.
Apakah ini aman? “Soal itu kan dipaket, dilakban, sulit dibuka. Lagi pula terserah kita meletakkannya di mana. Bisa di ruang UP (Biro Kepagawaian Setda Provinsi Jambi), bisa di ruang mana. Posisi soal rahasia,” ujarnya, yang tak berani menjamin keamanan soal secara terang-terangan.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Jambi KZE Reynold didampingi Kabag Humas Infokom Setda Kota Jambi John Eka Powa mengatakan, penyebab berkas pelamar yang tidak lulus adalah pelamar salah kirim.  Untuk Pemkab Tanjab Barat, misalnya, dikirim ke Pemkot Jambi. Ada juga  yang mengirimkan formasi yang tidak diterima di Kota Jambi. “Termasuk tamatan SMA, sarjana umum yang melamar di guru namun tidak disertai dengan akta 4,” ujar Reynold.
Di Batanghari, 690 pelamar dinyatakan tidak lulus. Mereka yang tidak lulus terdiri atas 520 pelamar tenaga guru, 71 pelamar tenaga kesehatan, dan 99 pelamar tenaga teknis. Jumlah pelamar yang masuk mencapai 3.768, terdiri atas guru 1.857 orang, kesehatan 838 pelamar, dan teknis 1.073 pelamar.

Kepala BKD Batanghari Usman melalui sekretarisnya, M Zukri, mengatakan bahwa pada penerimaan CPNS tahun ini, Pemkab Batanghari hanya menyediakan 331 formasi. Formasi itu terdiri atas 20 tenaga guru, 85 tenaga kesehatan, dan 45 tenaga teknis. 
Di Muarojambi, dari 5.218 berkas yang masuk ke BKD Muarojambi, hanya 3.700 yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti tes CPNS. Selebihnya, 1.518 pelamar, tidak lulus.
Kepala BKD Muarojambi Imbang Jaya mengatakan, nama-nama pelamar yang lulus administrasi dapat dilihat hari ini di kantor BKD Muarojambi.

Di Kabupaten Tebo, jumlah pelamar mencapai 5.644 orang. 1.850 di antaranya tidak lulus administrasi. Kepala BKD Tebo Izhar mengatakan, kebanyakan yang tidak lulus karena ijazah yang dimiliki pendaftar tidak sesuai formasi.
Sementara Sekretaris BKD Sarolangun Kholil mengatakan, pelamar mencapai 5.047 pelamar. Sementara formasi yang tersedia hanya 344. Namun Kholil belum bisa memastikan jumlah yang tidak lulus bahan.

Sementara itu, Kabag Pengangkatan dan Mutasi BKD Bungo Hasan Efendi mengatakan, pelamar yang masuk mencapai 3.805 orang. Dari hasil seleksi administrasi, yang lulus 2.570 orang, sedangkan yang tidak lulus 1.235 orang.
Di Kabupaten Tanjab Barat, menurut Kepala BKD Tanjab Barat Amirul Mukminin, berkas yang masuk sebanyak 2.750. Hingga malam tadi panitia tuntas merekap data kelulusan. “Sekitar 25 persen tidak lulus,” ujarnya.(tim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s